Tips Komputer/Laptop Anti Lemot Part II

Pada postingan sebelumnya Tips Komputer/Laptop Anti Lemot Part I sudah saya bagi tips mempercepat kinerja komputer/laptop dengan mengurangi aplikasi/program yang diload di startup. Pada postingan kali ini cara yang saya gunakan agar komputer tidak lemot adalah dengan menggunakan aplikasi CCleaner dan TuneUp Utility. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

Kalau komputer/laptopnya belum terinstal silahkan didownload dulu. Tanya aja mbah google. Nanti mbah google kasi tau dah tempat downloadnya dimana. hehehe.
Saya anggap dikomputer agan sudah ada CCleaner dan Tuneup utilitynya. Langkah pertama adalah menggunakan CCleaner untuk membersihkan temporary file, recent document, sampah-sampah yang menumpuk di reycle bin.
Tinggal klik tombol Analyze kemudian tunggu beberapa saat. Kemungkinan memerlukan waktu yang agak lama apabila komputer/laptop agan jarang dibersihkan. Apabila sudah selesai klik tombol Run Cleaner. Proses membersihkan temporary file, recent document, dan sampah yang menumpuk di recyle bin selesai sampai disini. Muda bukan.?

Langkah selanjutnya adalah memperbaiki registry yang kemungkinan rusak. Entah kenapa saya enggan menggunakan fitur yang ada di CCleaner tapi memilih tuneup utility. Buka tuneup utilitynya. Sebagai contoh saya menggunakan tuneup utility 2012.
Selanjutnya klik Start 1 - Click Maintenance, setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut: 

Tunggu sampai prosesnya selesai. Waktu yang dibutuhkan tergantung dari seberapa sering komputer tersebut dibersihkan. Apabila prosesnya sudah selesai lanjutkan dengan mengklik Run Maintenance. Jika sudah selsai klik tombol close. Sekarang coba dicek komputernya apakah masih lemot.?

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog