Tips Merawat Sepeda Motor

Salah satu cara untuk menjaga performa mesin motor tetap prima adalah dengan melakukan perawatan secara teratur. Perawatan secara rutin akan mencegah mesin mengalami kerusakan yang lebih parah. Komponen-komponen yang ada didalam mesin akan mengalami perubahan seiring pemakain. Hal inilah yang memerlukan perawatan secara rutin. Disalah satu bengkel resmi yang ada di daerah Gianyar, Bali, saya menemuka papan yang sangat informatif. Papan tersebut berisi informasi part yang sudah haus, kilometer yang disarankan untuk pengantian, dan akibat yang terjadi jika tidak melakukan penggantian. Dari papan tersebut saya sebagai penguna yang sangat awam terhadap mesin jadi tau kapan seharusnya melakukan pergantian sparepart.

Mengingat motor memiliki fungsi yang penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawat sepeda motornya:
  1. Lakukan service berkala sesuai dengan yang disarankan oleh produsen. Biasaya tertera di buku manual.
  2. Selalu bawa ke bengkel resmi, karena alat-alat yang digunakan di bengkel resmi sudah sesuai dengan standar, sehingga tidak merusak komponen mesin.
  3. Untuk penggantian part selalu gunakan sparepart original.
  4. Jangan menunggu sampai rusak berat baru diservice. karena selain biaya servicenya lumayan menguras dompet, keselamatan berkendara dijalan raya juga terganggu, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan.
  5. Jangan melakukan modifikasi yang berlebihan sehingga mengurangi kenyamanan berkendara.
  6. Untuk menjaga penampilan motornya jangan lupa dicuci/dibersihkan. Karena apabila hal ini sampai terlupakan bisa menyebabkan karat dan cat menjadi memudar.
Sekian postingan saya kali ini, semoga berguna bagi yang membacanya.!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog