Pesan Error Tidak Bisa Konek Ke Internet

Pagi-pagi ketika baru sampai dikantor tiba-tiba beberapa komputer tidak bisa akses internet. Pada browsernya muncul pesan 408 - Request timeout dan beberapa komputer lainnya muncul pesan Server Not Found pada browsernya. Ketika saya cek ternyata ada kabel yang tidak terhubung dengan baik ke hubnya. Karena penasaran setelah masalah selesai saya coba search di google pesan-pesan yang sering muncul jika terjadi masalah koneksi internet. 
Setelah saya searching di google saya menemukannya di http://devit1104.blogspot.com/2009/04/6-makna-pesan-eror-dalam-akses-internet.html. Dari halaman tersebut saya berhasil menemukan penyebab munculnya pesan error tersebut. Untuk memecahkan masalahnya kemudian saya tambahkan solusinya. Adapun pesan error yang sering muncul dan solusi untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:


500 – Internal Server Error
Pesan error di atas diartikan sebagai adanya masalah atau kesalahan dalam server internal situs sehingga Anda tidak bisa mengakses situs yang bersangkutan, selama administrator situs belum memperbaiki pesan kesalaahan tersebut. Kalau pesannya seperti ini berarti kita harus menunggu si yang punya web atau administratornya untuk memperbaiki situsnya.

404 - Not Found
Anda beberapa hal yang menyebabkan tampilnya pesan kesalahan di atas :
* Data di database sebelumnya sudah ada, namun sudah dihapus atau dihilangkan dari database server.
* Tidak ada jaringan internet pada komputer yang digunakan.
* Alamat tersebut memang tidak ada atau kemungkinan ada kesalahan penulisan alamat linknya.
Solusinya adalah cek koneksi internet yang digunakan jika koneksi bagus, selanjutnya cek apakah alamat urlnya sudah benar, dan alamat website yang kita tuju memang benar-benar ada.

Server Not Found
Penyebab munculnya pesan kesalahan server not found sama dengan pesan kesalahan 404 - Not Found. Untuk mengatasinya juga sama seperti pada pesan kesalahan 404 - Not Found.

400 - Bad Request
Pesan kesalahan tersebut dialami oleh server yang tidak bisa mengerti perintah dari client. Penyebabnya pada umumnya berupa kesalahan script coding di server, sehingga hanya administrator server-lah yang bisa mengatasinya. Solusi untuk mengatasi masalah 400 - Bad Request biasanya saya hanya membersihkan historynya saja. Kalau masih tidak mau coba restart browsernya.

403 - Forbidden

Pesan kesalahan tersebut memiliki dua kemungkinan :
* Kemungkinan file dilindungi,jadi hanya administrator atau orang tertentu yg bisa mengaksesnya. .
* Kemungkinan yang kedua si owner atau pemilik situs belum membayar sewa hosting ke perusahaan pemilik server, sehingga terjadi pemblokiran dari pihak perusahaan server. Kalau penyebabnya seperti itu kita sebagai pengunjung tidak bisa berbuat apa-apa.

408 - Request Timeout
Pesan ini memiliki alasan bahwa timer atau waktu untuk mengakses situs telah habis. Hal tersebut disebabkan oleh kecepatan akses Internet yang cukup lambat, dan server biasanya memiliki timer atau batas waktu tertentu dalam pengaksesan data dalam database-nya. Solusinya adalah cek koneksi internet yang digunakan apakah sudah terkoneksi dengan baik atau ada masalah koneksi dengan internet.

401 - Unauthorized

Pesan kesalahan tersebut artinya user tidak memiliki otoritas atau izin untuk mengakses halaman web tersebut. Biasanya situs diberi pengaman username dan password, sehingga Anda harus mengerti username dan password situs tersebut. Selain itu juga pesan ini muncul apabila halaman website yang kita tuju memerlukan sertifikat khusus untuk membukanya. Solusinya adalah anda harus memiliki username dan password, atau sertifikat yang dibutuhkan oleh halaman tersebut untuk selanjutnya di instal di browser yang digunakan.

Demikian postingan saya kali ini. Semoga bisa membatu teman-teman yang pernah mengalami hal diatas.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog