Tips Komputer/Laptop Anti Lemot Part I

Bagi teman-teman yang sehari-harinya berkerja menggunakan komputer atau laptop, tentunya ga pengen kan komputernya lemot. Terlebih lagi ketika si Bos pengen kerjaannya cepat selesai. Tentunya hal ini sangat mengganggu sekali. Bisanya komputer/laptop lemot bisa dirasakan ketika baru mulai menghidupkannya. Memerlukan waktu sampai 3-5 menit untuk bisa dioperasikan. Selanjutnya ketika membuka aplikasi, membutuhkan waktu semenit atau lebih untuk bisa membukanya. Pada postingan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya ketika komputer yang saya gunakan terasa lambat saat bekerja. 

Ketika komputer yang saya gunakan terasa lambat saat pertama kali dihidupkan bagian pertama yang saya cek adalah di bagian startupnya.Karena apabila di startup itemnya banyak terdapat aplikasi atau program yang tercentang, ketika komputer baru dijalankan sistemnya akan membaca/menjalankan aplikasi yang ada di startup itemnya. Tentunya hal ini akan memerlukan waktu apalagi jumlah aplikasinya banyak dan ditambah size RAMnya yang kecil, hal inilah yang menyebabkan komputer menjadi lambat. Untuk mengatasi hal tersebut lakukanlah hal berikut: Tekan tombol Windows dan R pada keyboard secara bersamaan atau Klik tombol Start - Accesoris - Run kemudian ketikkan perintah msconfig kemudian klik OK











Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut:
 

Klik di tab Startup. Selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut:

Hilangkan centang aplikasi yang tidak diinginkan atau tidak diperlukan berjalan ketika komputer baru dihidupkan.

Sebagai contoh saya hanya memberikan centang pada program internet download manager, antivirus avira, dan dropbox. Kemudian klik OK. Coba di restart dulu komputer atau laptopnya.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog