Membuat Perhitungan Angsuran Bunga Menurun Dengan Ms.Excel

Kali ini bagibagiblog ingin berbagi bagaimana membuat perhitungan bunga menurun dengan Ms.Excel. Nah bagi yang lagi punya cicilan patut dicoba, khusunya yang lagi minjem duit di koperasi bunganya pakai bunga menurun. Besarnya bunga yang dihitung menggunakan metode bunga menurun semakin menurun setiap bulannya, karena faktor pengali yang digunakan bukan jumlah total pinjaman awal melainkan jumlah pinjaman setelah dikurangi cicilan setiap bulannya (saldo pokok bulan berjalan). Karena saldo pokok yang digunakan sebagai dasar semakin menurun, maka suku bunganya biasanya dikenakan memiliki nilai lebih besar dari suku bunga tetap, akan tetapi bukan berarti jumlah total bunga yang Anda bayar akan lebih besar daripada suku bunga tetap. Oke tanpa perlu berbasa-basi langsung saja ke pembahasannya.!!

Pertama buatlah form seperti gambar berikut:

Alurnya adalah, pada cell C1 akan diketiknya nominal pinjamannya. Pada Cell C2 akan diketiknya bunga pinjamannya. Pada Cell B5 - B..dst akan diketikkan jumlah setoran pembayaran. Pada Cell C5 - C.. dst akan muncul bunganya secara otomatis. Pada cell D5 - D.. dst akan muncul pokok pembayarannya secara otomatis, terakhir pada cell E5 - E.. dst akan muncul sisa hutang secara otomatis. 

Sebagai contoh Total pinjaman adalah sebesar 1.000.000 dengan bunga 2,5% menurun. Ketiklah total pinjaman pada cell C1 dan bunga pada cell C2. Kemudian tambahkan rumus berikut:

Untuk angsuran pertama:
Cell C5 isilah dengan rumus : =C1*C2
Cell D5 isilah dengan rumus : =B5-C5
Cell E5 isilah dengan rumus : =C1-D5

Kemudian untuk angsuran ke dua dan seterusnya ketikkan rumus berikut:
Cell C6 isilah dengan rumus : =E5*$C$2
Cell D6 isilah dengan rumus : =B6-C6
Cell E6 isilah dengan rumus : =E5-D6

Selanjutnya copylah rumus yang ada di angsuran ke 2 seperlunya. Maka Ms.Excel akan mengkalkulasikan secara otomatis angusuran anda. Jika berhasil hasilnya adalah sebagai berikut:


Jika kurang mengerti bisa di downlaod  disini. Demikian postingan saya kali ini, semoga bisa menbantu.

Artikel Terkait

Comments
1 Comments

1 comments:

nama bupati jepara said...

Langsung ijin dipraktekkan pak, terimakasih

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog