Mengatasi Komputer Yang Tidak Bisa Masuk Ke Windows

Suatu hari beberapa komputer di kantor saya mengalami kerusakan yang sama. Entah kebetulan atau mereka sudah janjian untuk sama-sama tidak bisa masuk ke windows, yang jelas hari itu ada beberapa komputer yang tidak bisa masuk ke windows. Ketika komputer dinyalakan berjalan normal sampai muncul logo windows xp kemudian komputer nge-restart sendiri.
Prosesnya terus berulang-ulang seperti itu. Saya coba masuk lewat safe mode juga tidak berhasil. Kemudian saya cari di google. Akhirnya saya menemukan solusinya. Adapun caranya adalah dengan merepair windowsnya. Caranya adalah sebagai berikut:
Langkah pertama masukkan CD window kemudian masuk ke bios. Pastikan 1st bootingnya adalah dari CD room.
Setelah itu jangan lupa di save perubahannya, kemudian keluar dari bios. Setelah keluar dari Bios akan muncul perintan press any key to boot from cd or dvd. Sesuai dengan perintahnya  tekan sembarang tombol untuk booting dari CD. Tunggu prosesnya sampai semua file windows tersebut di load. Sampai muncul tampilan seperti berikut tekan R.
Setelah itu ketik CHKDSK, tunggu beberapa saat terkadang memelukan waktu yang agak lama. Setelah prosesnya selesai kembali ketikkan CHKDSK /P Tunggu beberapa saat lagi. Biasanya kalau sampai tahap ini berhasil komputer akan nge-restart sendiri. 
Tapi kalau masih terdapat error kembali ketik CHKDSK /R. Tunggu beberapa saat lagi sampai prosesnya selesai. Yang saya alami ketika mengetikan perintah CHKDSK /R ini waktu yang diperlukan cukup lama.

Setelah proses selesai ketikan kembali FIXBOOT, kemudian Enter. Pada saat menekan enter akan ada pertanyaan. "maaf saya lupa pertanyaanya" ketikkan Y kemudian Enter.

Selanjutnya ketikkan kembali FIXMBR, kemudia Enter. apabila muncul pertanyaan ketik Y kemudian enter. 

Apabila semua langkahnya sudah dicoba ketik Exit. Kalau pada kasus saya sih beberapa pc yang rusak karena tidak bisa masuk ke windows semuanya berhasil diperbaiki dengan cara ini. Kalau agan-agan mengalai hal yang sama silahkan bisa dicoba. Semoga bisa membantu. Terimakasih.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog