Prilaku Primitif di Zaman Modern

Saat ini kita hidup di zaman modern, dimana kita hidup diatur oleh aturan-aturan yang baku. Kesopanan, tata krama sudah menjahi hal yang wajib dalam pergaulan, terlebih jika bergaul dengan orang yang harus dihormati. Masyarakat pada umumnya sudah mengenyam pindidikan yang tinggi, tidak ada lagi masyarakat yang buta huruf. Mereka semua adalah orang intelektual dengan pemikiran yang jauh kedepan. Mungkin itulah gambaran untuk manusia yang hidup di jaman modern. Tetapi dibalik itu semua masih banyak kita temukan prilaku primitif dari segelintir orang. Prilaku primitif yang saya maksud adalah sebagai berikut: 

1. Bicara Sesuka Hati.
Ini sering saya temukan ketika ada anak-anak abg sedang kumpul-kumpul. Entah apa yang mereka bicarakan. Kedengarannya sangat bising dan mengganggu orang disebelahnya, dan tidak jarang mereka mengutarakan umpatan-umpatan kasar, walaupun dalam konteks pergaulan. Tetapi setidaknya kalau mereka sadar mereka tinggal ditempat yang ada aturannya (baca : tidak sedang dihutan) mereka seharusnya bisa mengontrol cara bicaranya.

2. Sadis
Kalau kita perhatikan berita-berita kriminal, sekarang banyak terjadi kasus pembunuhan sadis. Seperti pembuhan disertai mutilasi, membunuh hanya masalah uang 10.000 rupiah, dan banyak lagi kasus pembunuhan dengan masalah sepele. Kalau kita bandingkan dengan tingkat pendidikan orang jaman dahulu dengan sekarang jauh lebih terdidik orang sekarang. Tetapi hal tersebut tidak berpengaruh terhadap rasa manusiawi seseorang. Bahkan orang dengan pendidikan tinggi sekaligus bisa sebagai dalang dari pembunuhan berencana.

3. Liar.
Kembali ke berita-berita kriminal. sering juga saya lihat berita kriminal di TV ada kasus pemerkosaan dimana pelakunya lebih dari satu orang, dan parahnya lagi setelah diperkosa gadis malang tersebut dibunuh. Saya rasa ini lebih mirib anjing yang berebut kawin dengan anjing lainya, bahkan lebih buruk lagi. Apakah bisa disamakan seperti itu.? Padahal mereka hidup dijaman modern, dimana semua sudah ada aturan baku yang disebut Hukum.

4. Terkotak-kotak dalam sebuah kelompok.
Saya sering menonton film-film dokumenter yang menceritakan tentang kehidupan di alam liar. Sekumpulan harimau tinggal bersama kelompoknya. Mereka hidup di alam liar secara berkelompok-kelompok. Mereka juga punya wilayah untuk berburu rusa atau binatang lainya yang bisa diburu. Apabila ada harimau dari kelompok lain memasuki wilayah mereka, bisa dipastikan akan terjadi perkelahian diantara harimau tersebut untuk mempertahankan wilayahnya. Hal yang sama juga terjadi pada orang-orang di jaman sekarang. Coba kita perhatikan berita di tv. Antar ormas saling serang bahkan ada yang sampai meninggal. Apa yang mereka perebutkan.?

5. Jorok.
Coba kita perhatikan toilet umum. Serajin apapun cleaning servicenya kadang bau pesing dari air kencing yang tidak disiram masih menjadi ikon toilet umum. Saya rasa semua orang tahu kalau kencing di toilet itu harus disiram. Tetapi masih banyak orang yang kencing di toilet umun jarang yang mau menyiramnya. Apakah mereka merasa kencing di pinggir kali, sehingga mereka merasa tidak perlu menyiramnya.

6. Suka membawa senjata.
Ketika menonton konser musik saya sering melihat Polisi melakukan razia kepada para penonton. Dari razia tersebut terkadang Polisi berhasil menemukan penonton yang mebawa senjata tajam. Kalau dipikir-pikir kalau hanya menonton musik buat apa mereka membawa senjata tajam. Hal ini terkadang lebih mirib cerita film-film kolosal dimana ada pendekar yang suka berkelana yang selalu membawa pedang atau senjata lainya. Apa iya mereka terinspirasi dari film-film kolosal tersebut atau mereka ngefans dengan salah satu pendekar di film tersebut.

Mungkin ada banyak lagi prilaku primitif yang bisa kita jumpai. Semoga kita lebih bisa mengontrol diri kita. Kita hidup di Jaman modern sudah seharusnya  prilaku kita juga prilaku orang modern.

Artikel Terkait

Comments
2 Comments

2 comments:

Agus Nurmansyah, SH said...

ArtikeL yg ckup menarik,
Berani, n ckup realistis dg keadaan skrg,
Kdpnny dpertahankan
KomporGas

bagibagiblog said...

sering-sering berkunjung brow. :) terima kasih.

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog