Mengatasi NTLDR is Missing

NTLDR is Missing, Press Ctrl + Alt + Del to Restart itulah pesan yang muncul ketika komputer baru dihidupkan.
Kurang lebih tampilannya seperti gambar disamping. Setalah menekan tombol ctrl + alt + Del pesan yang muncul kembali sama. Setelah mencari di beberapa sumber di google saya menemukan solusinya.Hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain:


1. Pengaturan di BIOS untuk booting yang pertama tidak ditujukkan ke hardisk di Windowsnya disimpan. Ubah pengaturan di BIOSnya agar yang pertama kali dibaca adalah Hardisk tempat menyimpan Windowsnya 

2. Kabel IDE yang menghubungkan Hardisk dengan Moterboard goyah, atau pemasangannya tidak sempurna, sehingga perlu dikencangkan pemasangannya.

3. File NTLDR dan NTDETECT.COM corupt. Dari sumber yang saya baca di sebuah blog ini merupakan penyebab yang paling sering menyebabkan munculnya pesan NTLDR is Missing. Untuk mengatasinya cara yang saya gunakan adalah mengcopy file NTLDR dan NTDETECT.COM yang ada di file instalasi Windows XPnya ke drive C. Untuk mengcopynya ikuti langkah berikut:
  • Lepaskan Hardisk dari komputer yang bermasalah dengan hati-hati. 
  • Kemudian pasang Hardisk tersebut pada komputer yang sehat. (gandeng)
  • Masukkan CD Instalasi.
  • Buka file di CD Instalasi cari file NTLDR dan NTDETECT.COM lokasinya di file instalsi terletak di folder I386.
  • Kemudian paste di drive C. Apabila ada pilihan Copy and Replace pilih OK.

Apabila setelah melakukan cara yang nomor 3 belum berhasil langkah selanjutnya adalah dengan merepair Windowsnya. Jika masih tetap tidak berhasil silahkan instal ulang Windowsnya. Semoga berhasil dan semoga bisa membantu.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog