Membuat Report Per Tanggal Dengan Ms. Excel 2007

Pada postingan kali ini saya mau berbagi sedikit pengalaman saya membuat report per tanggal dengan bantuan Ms. Excel 2007.  Biar ga di bilang bertele-tele langsung aja ke TKP. 

Adapun report yang saya contohkan pada postingan kali ini adalah data penjualan dua buah cabang yaitu masing-masing cabangA dan CabangB. Langkah awal untuk membuat laporan per tanggal adalah dengan membuat form inputan penjualan per hari. Sebagai contoh saya membuat form inputannya sebagai berikut: 

Untuk memudahkan ubah nama sheet1 menjadi harian. Form diatas berfungsi sebagai tempat input data penjualan setiap hari. Untuk inputnya tinggal di ketikan jumlah penjualan sesuai dengan tanggal pada form (1-31). Contoh cara inputnya adalah sebagai berikut:

Langkah selanjutnya adalah membuat form rekapan penjualan. Bentuk formnya sama persis seperti form diatas. Caranya adalah dengan mengcopy form inputan tadi kemudian di paste di  cell  A8. Contohnya adalah sebagai berikut: 

Yang saya blok pada gambar diatas adalah cotoh form rekapan penjualan. Agar form tersebut merekap secara otomatis masukkan formula berikut:
Pada Cell B10 ketikkan formula berikut: =B4 kemudian copykan formula tersebut ke cell B11.
Pada Cell C10 ketikkan formula berikut: =SUM($B$4:C4) kemudian copy ke samping sampai dengan cell AF10
Pada Cell C11 ketikkan formula berikut: =SUM($B$5:C5) kemudian copy ke samping sampai dengan cell AF11.
Untuk proses rekap penjualan perhari selesai sampai disini. Proses selanjutnya adalah membuat form report/laporan. Caranya adalah buka sheet2. Untuk mempermudah saya rename sheet2  dengan nama report. Form sederhanyanya saya buat seperti gambar berikut: 
Pada form diatas alurnya adalah ketika tanggal di rubah (cell C3) maka yang di tampilkan adalah rekapan penjualan masing-masing cabang sampai dengan tanggal yang di ketik pada cell C3. Misalnya tanggal di ketik tanggal 10, berarti formulanya akan menampilkan total penjualan masing-masing cabang dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 10. Caranya adalah sebagai berikut: 
Pada cell B5 ketikkan formula berikut : =IF($C$3=1;harian!B10;IF($C$3=2;harian!C10;IF($C$3=3;harian!D10;IF($C$3=4;harian!E10;IF($C$3=5;harian!F10;IF($C$3=6;harian!G10;IF($C$3=7;harian!H10;IF($C$3=8;harian!I10;IF($C$3=9;harian!J10;IF($C$3=10;harian!K10;IF($C$3=11;harian!L10;IF($C$3=12;harian!M10;IF($C$3=13;harian!N10;IF($C$3=14;harian!O10;IF($C$3=15;harian!P10;IF($C$3=16;harian!Q10;IF($C$3=17;harian!R10;IF($C$3=18;harian!S10;IF($C$3=19;harian!T10;IF($C$3=20;harian!U10;IF($C$3=21;harian!V10;IF($C$3=22;harian!W10;IF($C$3=23;harian!X10;IF($C$3=24;harian!Y10;IF($C$3=25;harian!Z10;IF($C$3=26;harian!AA10;IF($C$3=27;harian!AB10;IF($C$3=28;harian!AC10;IF($C$3=29;harian!AD10;IF($C$3=30;harian!AE10;IF($C$3=31;harian!AF10;"Tanggal Salah")))))))))))))))))))))))))))))))

Maksud dari formula diatas adalah sebagai beriktu : "Jika cell C3 diisi nilai 1 maka isi kolom B5 dengan nilai yang ada di sheet harian di cell B10, jika cell C3 diisi nilai 2, maka isi kolom B5 dengan nilai yang ada di sheet harian di cell C10,... dan seterusnya sampai dengan 31. jika diluar pada tanggal 1 - 31 isi cell B5 dengan nilai "Tanggal Salah"

Mudah bukan.? Kalau belum mengerti silahkan download Disini

Oke demikian postingan saya kali ini semoga sedikit banyak bisa membantu teman-teman yang sedang diminta membuat report per tanggal. Mohon dilike jika postingan saya bisa membantu. Terimakasih.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog