Mengatasi Komputer Sering Restart

Pernah mengalami komputer sering ngerestart sendiri? Sedang asik-asiknya bekerja tiba-tiba komputernya mati, padahal belum sempat nyimpan hasil kerjaannya. Pada postingan kali ini saya mau berbagi pegalaman mengatasi komputer yang ngerestart sendiri.
 
Langsung aja ke TKP. Hal yang menyebabkan komputer ngerestart  sendiri  adalah sebagai berikut: 

1. Suhu processor terlalu panas. 
Suhu panas di processor bisa disebabkan karena putaran kipas processor sudah tidak maksimal. Sehingga dingin yang dihasilkannya tidak maksimal. Selain itu panas berlebih ini bisa disebabkan karena termal paste yang sudah mengering, jadi udara dingin yang disedot oleh kipas processor tidak maksimal disalurkan ke kepingan processor. Kenapa bisa ngerestart ini dikarenakan didalam processor terdapat sistem untuk menyelamatkan dirinya sendiri ketika terjadi over heat atau panas berlebih.

Untuk mengetahui apakah panasnya berlebih bisa dicek di BIOS. Perhatikan suhunya apabila suhunya meningkat terus maka bisa dipastikan penyebab komputer ngerestart itu karena over heat.

2. Power Suply Dayanya Turun
Listrik yang disuplai oleh power suply tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh komputer juga bisa jadi penyeban komputer ngerestart. Ketika komputer baru dihidupkan mungkin listrik yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, sehingga komputernya bisa berjalan normal. Tetapi ketika digunakan untuk membuka aplikasi, apalagi aplikasi yang dibuka lebih dari satu, tentunya akan membutuhkan daya listrik yang cukup banyak. Karena listrik yang dibutuhkan kurang, untuk keamanan semua hardware makan si processor akan  memutuskan untuk ngerestart.

3. Bad Sector Pada Hardisk
Kerusakan pada hardisk bisa juga menyebabkan komputer ngerestart. Data yang diload dari hardisk pembacaannya tidak sempurna. Sehingga program yang dibaca crash. Hal inilah yang menyebabkan komputer ngerestart. Untuk mengatasi hal ini coba jalankan chkdsk pada comand promt.
4. Kabel Pada Hardisk Goyah
Kabel hardisk yang goyah menyebabkan data yang diload dari hardisk pembacaannya tidak sempurna. Jadi kasusnya hampir mirip dengan kasus no 3 diatas. Untuk mengatasinya kencangkan kabel hardisk. 

5. RAM  Rusak
Ketika ram dalam kondisi rusak, program yang dijalankan oleh komputer berjalan tidak maksimal. Hal inilah yang menyebabkan komputer ngerestart. Untuk mengatasinya buka ram dari tempatnya, bersihkan dari debu atau pinya digosok dengan penghapus. Kemudian dipasang lagi.
6. Listrik Tidak Stabil
Listrik yang tidak stabil kasusnya hampir sama dengan power suply yang dayanya turun. Untuk mengatasi hal ini pasangkan stavolt untuk menjaga lonjakan daya listrik yang naik turun. Akan lebih bagus jika menggunakan stavolt motor atau dilengkapi dengan UPS.

7. Virus.
Ada beberapa varian virus yang menyebabkan komputer ngerestart terus. Coba update antivirusnya, lalu scan komputernya.
Biayasanya tujuh hal diatas yang menyebabkan komputer ngerestart sendiri. Kalau masih tetap ngerestart bisa ditanyain lagi ma mbah googlenya. Akhir kata semoga bisa membatu.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog