Keunguulan dan Kekurangan Sepeda Motor Injeksi

Tahun ini hampir semua produsen sepeda motor beramai-ramai mempromosikan sepeda motor dengan teknologi injeksinya. Sebagai contoh Honda dengan teknologi PGMFI, Yamaha dengan teknologi YMJET FInya. Rata-rata mereka mempromosikan teknologi FI mereka lebih irit, lebih ramah lingkungan, dan perfoma tenaga lebih bagus. Sistem injeksi atau fuel injection adalah sebuah sistem mekanis yang menggunakan teknologi pengontrol yang dilakukan oleh komponen ECU yang befungsi mengatur udara dan pasokan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran secara efektif dan efisien. Tugas dari Fuel Injection ini adalah menentukan jumlah Bahan Bakar dan menentukan Waktu Pengapian. Canggih bukan.?

Keuntungan apabila memilih sepeda motor dengan teknologi injeksi adalah:
Lebih irit bahan bakar
Sudah pasti karena penggunaan bahan bakar menyesuaikan dengan kerja mesin bahan bakar tidak terbuang percuma.

Lebih ramah lingkungan
Emisi gas buang yang dihasilkan dari mesin injeksi akan relatif lebih sedikit karena pembakaran yang dihasilkan dari mesin berinjeksi lebih sempurna sehingga tidak banyak meninggalkan emisi gas buang akhir.

Lebih bertenaga
Pencampuran bahan bakar dengan pengkabutan yang sempurna dalam system injeksi menghasilkan tenaga yang lebih jika dibandingkan dengan system karburasi.

Perawatan mudah
Karena bersifat elektrik, maka perawatan mesin berinjeksi relatif lebih mudah, karena tidak perlu bongkar karburator saat melakukan servis rutin, hanya perlu menyetel lewat alat khusus. Bahkan bisa dengan menggunakan cairan khusus untuk membersihkan ijecktornya.
Kelemahan dari sepeda motor dengan teknologi injeksi adalah :
Tidak semua bengkel siap dengan teknologi injeksi
Teknologi sepeda motor injeksi masih terbilang baru di Indonesia, jadi tidak semua bengkel dan mekanik yang mengerti akan teknologi ini. Sehingga harus pergi kebengkel-bengkel resmi untuk melakukan perawatan atau service. Bayangkan saja jika motor anda mati di daerah pedesaan dimana akses ke bengkel resmi jauh.

Sangat tergantung dengan accu
Karena sistem kerja dari injeksi adalah otomatis dan elektrik maka suplai listrik sangat dibutuhkan oleh komponen-komponennya. Sehingga apabila accu dalam kondisi drop maka akan berpengaruh juga pada perofoma mesin.
 

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog