Tips Menyembunyikan Rumus/Formula Pada Excel 2007

Suatu ketika saya diminta untuk membuat sebuah form penghitungan insentif sederhana dengan excel oleh atasan saya. Tidak perlu menunggu waktu lama akhirnya form tersebut akhirnya selesai saya kerjakan, dan saya berfikir kalau pekerjaan saya sudah selesai. Namun atasan saya ingin agar rumus/formula untuk menghitung insentif tersebut tidak dapat dilihat oleh si pengguna.

Pada postingan kali ini saya ini berbagi pengalaman dan tips menyembunyikan rumus/formula pada Ms. Excel 2007. Caranya hampir sama dengan postingan saya sebelumnya "Tips Proteksi Cell Tertentu Pada Excel 2007" . Sebagai contoh saya punya data seperti berikut :

Pada tabel tersebut saya akan menyembuyikan rumus yanga ada pada kolom insentif.
Caranya adalah pertama select all dulu seluruh sheetnya dengan cara menekan tombol CTRL + A. Selanjutnya tekan tombol CTRL + 1, sehingga muncul tampilan seperti berikut :

Pilih tab protection, kalau hidden masih tercentang, hilangkan terlebih dahulu centang pada hidden. Setelah itu blok kolom insentif, kemudian kembali tekan tombol CTRL + 1, sehingga muncul kembali kotak dialog seperti diatas. Setelah itu centangi hidden pada tab protection, kemudian pilih OK.

Kemudian cari menu home, cari menu format, kemudian protect sheet.

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut:

Kalau ingin menambahkan password langsung tambahkan pasword pada kolom paswordnya, kalau merasa tidak perlu pasword tinggal pilih OK, dan rumus/formula anda akan tersembunyi.
 Bagaimana mudah bukan, semoga bisa membantu.!


Artikel Terkait

Comments
1 Comments

1 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog