Pada postingan kali ini saya akan membahas salah satu fungsi text dari Ms. Excel. Sesuai dengan judulnya fungsi text yang akan saya bahas adalah fungsi Left, Right dan Mid.
Fungsi Left berguna untuk mengambil nilai dari sebuah cell dari arah kiri, Fungsi Right berfungsi untuk mengambil nilai dari sebuah cell dari arah kanan, sedangkan fungsi Mid berfungsi untuk mencari nilai dari sebuah cell dari tengah. Untuk implemtasinya adalah sebagai berikut:
Kita memiliki sebuah cell yang berisikan kata "WIJAYA" pada cell B3.
Apabila kita ingin mencari kata "WIJA" maka fungsi yang kita gunakan adalah
Fungsi Left berguna untuk mengambil nilai dari sebuah cell dari arah kiri, Fungsi Right berfungsi untuk mengambil nilai dari sebuah cell dari arah kanan, sedangkan fungsi Mid berfungsi untuk mencari nilai dari sebuah cell dari tengah. Untuk implemtasinya adalah sebagai berikut:
Kita memiliki sebuah cell yang berisikan kata "WIJAYA" pada cell B3.
Apabila kita ingin mencari kata "WIJA" maka fungsi yang kita gunakan adalah
= Left (B3;4)
bahasa sederhananya adalah pada cell B3 ambilah dari kiri sebanyak 4 karakter, sehingga menghasilkan kata "WIJA"
Apabila kita ingin mencari kata "JAYA" dari cell B3 tersebut, kita bisa menggunakan fungsi "RIGHT". Fungsinya sebagai berikut:
=Right (B3;4)
bahasa sederhananya adalah pada cell B3 ambillah dari kanan sebanyak 4 karakter, sehingga menghasilkan kata "JAYA"
Apabila yang kita inginkian adalah "JAY" dari cell B3, kita bisa menggukanan fungsi "MID". Adapun fungsinya adalah sebagai berikut:
=Mid(B3;3;3)
bahasa sederhanyanya adalah pada cell B3 ambillah dari tengah dimulai dari 3 karakter dari kanan, banyaknya yang di ambil sejumblah 3 karakter.
Adapun struktur fungsinya adalah sebagai berikut:
Left
- =Left(text/cell yang akan di cari nilainya;jumlah karakter yang di ambil)
- = Righ(text/cell yang akan di cari nilainya;jumlah karakter yang di ambil)
- =Mid(text/cell yang akan di cari nilainya;dimulai dari karakter ke n; jumlah karakter yang diambil)