Tips Membandingkan Data di Dua Kolom yang Berbeda Pada MS. Excel 2007

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit tips untuk membadingkan dua buah data yang ada pada dua kolom yang berbeda. Sebagai contoh datanya adalah sebagai beriktu:


Pada contoh data di atas terdapat dua buah kolom, yaitu kolom A dan kolom B, dimana tugas kita adalah untuk mencari apakah data pada kolom A ada yang sama dengan data pada kolom B. Kalau dicek satu persatu tentu akan memakan banyak waktu. Untuk mempermudah cukup dengan menggunakan fungsi IF. Pada cell  D2 ketikkan rumus berikut:
=IF(B2=C2;"SAMA";"TIDAK SAMA")
Kemudian dicopy sejumlah data yang ada. Rumus ini mempunyai arti : Jika kolom B2 sama dengan kolom C2 maka pada cell D2 diisi dengan kata SAMA, jika tidak sama maka diisi TIDAK SAMA. Apabila berhasil maka hasilnya akan tampil seperti berikut: 
 
Jika kolom A dan B tidak sama maka disebelahnya akan muncul text "TIDAK SAMA", begitu juga sebaliknya jika A dan B sama maka akan muncul text "SAMA". Mudah bukan.? Silahkan dicoba dan semoga bisa membantu.

Artikel Terkait

Comments
1 Comments

1 comments:

Unknown said...

teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, Editing Film, master bisnis online, Master Web

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog