Tips Megatasi Tidak Bisa Instal Windows XP

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya ketika selalu gagal ketika akan instal windows XP. Mungkin kebanyakan orang bilang windows XP udah ga jaman, tetapi beberapa orang mungkin masih membutuhkan Windows XP. Kegagalan saya ketika instal Windows Xp adalah selalu muncul pesan  berikut: 
Awalnya saya pikir yang bermasalah mungkin ada pada CD instalernya. Tetapi ketika saya coba pakai CD instaler lainnya pesan tersebut masih tetap muncul juga. 
Akhirnya saya tanyakan langsung pada mbah google. Dari penjelasan si mbah, ternyata penyebabnya adalah karena settingan awal BIOS motherboard tersebut adalah untuk adik-adik Windows Xp (W.Vista, W.7, W.8). Setingan tersebut ada pada SATA Mode. Kondisi defaultnya biasanya ada pada AHCI Mode. Hal inilah yang menyebabkan Windows Xpnya tidak bisa diinstal, karena AHCI tidak support di Windows XP, hanya support di OS setelah Win XP.

Utuk mengatasi hal tersebut silahkan masuk ke BIOS. Kemudian pilih menu ADVANCE, setelah itu baru cari pilihan SATA Mode, kemudian tekan enter. Gunakan tanda panah pada keyboard untuk memilih IDE Mode. Jika sudah ketemu tekan enter kembali. Kemudian keluar dari BIOS (exit and save change) tekan Y lalu enter. Setelah itu lakukan proses instalasi seperti biasa.  Kalau memang penyebabnya karena settingan SATA Mode yang bermasalah cara ini dijamin 100% ampuh.

Selamat mencoba, semoga bisa membantu.







Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog