Cara Menyalin Isi Buku Tanpa Harus Diketik Ulang

Pernah diminta oleh teman untuk mengetik ulang sebuah dokumen? atau yang lagi skripsian harus mengetik kutipan dari buku yang panjangnya puluhan lembar.? Salah seorang teman saya pernah mengalaminya. Dia harus mengetik ulang sebuah buku yang tebalnya lumayan tebal. Pastinya membosankan bukan.? Kalau teman-teman ada yang lagi skripsian dan mengharuskan menyalin sebuah isi paragraf dari sebuah buku yang dijadikan refrensi, tidak perlu khawatir harus mengetik ulang lagi. Karena pada postingan kali ini saya ingin membagikan sebuah tips untuk mengcopy isi paragraf dari buku tanpa harus di ketik ulang Ingin tau caranya?  Langsung saja Ke TKP.


Langkah pertama adalah sediakan sebuah scaner. Kalau teman-teman tidak memiliki scaner, bisa dibawa ke jasa pengeprint-an untuk menscan buku yang ingin disalin. Scan terlebih dahulu buku yang akan disalin. Sehingga teman-teman akan memiliki file jpg dari buku yang ingin teman-teman salin.

Langkah kedua adalah buka aplikasi Microsoft OneNote. Dalam kasus ini saya menggunakan Microsoft OneNote 2010. Biasanya aplikasi ini satu paket dengan Ms. Office. Jadi tidak perlu bingung harus mencari aplikasinya dimana. Ini adalah tampilan awal Ms. OneNote


Langkah kedua klik New Page di pojok kanan atas. Setelah klin New Page tampilannya adalah sebagai berikut:


Langkah ketiga adalah seret hasil scan tadi yang berformat *.jpg ke dalam aplikasi Ms. OneNote. Apabila berhasil tampilannya adalah sebagai berikut:


Langkah keempat klik kanan pada gambar hasil scan tadi kemudian pilih Copy text form picture. Tampilannya adalah sebagai berikut:


Langkah kelima, buka Ms. Word atau notepad, kemudian paste disana, dan hasilnya bisa langsung dilihat. 

Mudah bukan. Sekian tips dari saya, semoga bisa membatu teman-teman yang membutuhkan.



Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog