Me-Replace Beberapa Karakter Di dalam Cell Ms.Excel


Postingan kali ini sebenarnya hampir mirip dengan postingan Menghilangkan Karakter Tertentu Pada Excel 2007 yang pernah saya posting sebelumnya. Cuman pada postingan kali ini karakternya bukan di hilangkan tetapi diganti sesuai dengan yang diminta. Kalau harus menganti/me-replace beberapa karakter di dalam sebuah worksheet dengan jumlah data yang banyak tentunya hal ini akan menjadi pekerjaan yang sangat membosankan dan memakan waktu yang lama. Untuk mengatasi hal tersebut berikut solusinya.
Sebagai ilustrasi saya memiliki data sebagai berikut: 

Pada contoh disamping saya ingin mengganti semua karakter/huruf  "SLS" yang ada pada kolom A  menjadi MKT . Data tersebut jumlahnya ribuan. Jika dirubah dengan cara mengetik manual maka akan memerlukan waktu yang lama dan akan menjadi pekerjaan yang sangan membosankan. Untuk menghemat waktu caranya adalah sebagai berikut:
  • Pada cell B1 ketikkan formula berikut: =FIND("SLS";A1;1) Formula ini artinya temukan huruf "SLS" pada cell A1, dimulai dari huruf pertama.
  • Selanjutnya jika tidak terdapat error, dengan data yang sama seperti diatas maka nilai yang muncul adalah angka 10. Kemudia Copy sampai dengan baris terakhir.
  • Selanjutnya pada cell C1 ketikkan formula berikut: =REPLACE(A1;B1;3;"MKT") Formula ini artinya ganti cell C1 dimulai dari baris nilai yang ada di  B1 sebanyak 3 karakter, gantilah dengan huruf MKT.
Hasilnya adalah sebagai berikut:

Mudah bukan? Selamat mencoba

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog