Fungsi VLOOKUP pada Excel 2007

Vlookup merupakan salah satu fungsi yang sering kita pakai jika menggunakan aplikasi Excel. Fungsi Vlookup berfungsi untuk mengisi suatu cell yang mana datanya diambil dari tabel yang lain dengan cara membaca secara vertikal dari tabel sumbernya. Contohnya seperti gambar berikut: 


Sebagai contoh kita punya tabel seperti berikut:


Pada tabel "DATA ABSEN" tersebut kita hanya input "id karyawan dan jumlah absen" saja, "Nama" akan terisi secara otomatis. Adapun caranya adalah dengan menggunakan fungsi VLOOKUP. Formulanya adalah sebagai berikut:
Pada cell B11 ketikkan "=VLOOKUP(A11;$A$2:$B$6;2)"
Mungkin hasilnya ada yang #N/A, hal ini dikarenakan id karyawan yang masih kosong. Coba ketikkan Id karyawannya maka hasilnya akan muncul.

Bahasa sederhanyanya adalah carilah secara vertikal di cell A2 sampai dengan B6 pada kolom ke 2 dimana yang dijadikan kunci adalah cell A11.


Struktur dari fungsi VLOOKUP adalah sebagai berikut:
=VLOOKUP(cell kunci/nilai kunci;range tabel yang dijadikan referensi;nomor kolom yang diambil)

Pada contoh diatas cell kunci/nilai kuncinya adalah A11, tabel yang dijadikan referensi adalah A2 sampai dengan B6, dan nomor kolom yang diambil adalah kolom ke 2, yaitu kolom nama.


Bagaimana? Mudah bukan, semoga bisa membantu teman-teman yang sedang membutuhkan


Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog