How To Make Sparklines In Ms.Excel 2010

Sparklines adalah menu baru yang ada di Ms.Excel 2010. Sparklines memungkinkan kita membuat semacam grafik di dalam cell seperti gambar berikut:


Dengan tampilan grafik yang seperti itu akan lebih memudahkan kita untuk membaca data yang ada di dalam tabel. Sehingga trend dari dari data tersebut mudah untuk dibaca. Untuk membuat sparklines caranya sangat sederhana.

Pertama buatlah sebuah tabel untuk menyimpan atau menempatkan data yang akan dibuatkan grafik. Sebagai contoh saya mengunakan tabel berikut:


Selanjutnya taru kursor di cell dimana kita ingin menambahkan sparklines. Dalam contoh ini saya menempatkan grafiknya di cell E2. Kemudian pilih menu Insert selanjutnya pilih Collums. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:


Kemudian akan muncul dialog form  menanyakan range mana yang akan digunakan sumberdata untuk data sparklines tersebut. Kemudian blok range yang akan dijadikan sumberdatanya. Sebagai contoh perhatikan gambar berikut:


Kemudian pilih Klik OK. Selanjutnya tinggal copy kebawah sejumlah baris yang ada, dan data siap disajikan. Mudah bukan semoga bisa membantu teman-teman yang membutuhkan.




Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Bagibagiblog